Pantang Menyerah, Kakek 103 Tahun Ini Mencari Rezeki dengan Sepeda Tuanya

>

Perjuangan dan semangat hidup yang dimiliki Mbah Atmo Tohari yang berusia 103 th. ini patut diacungi jempol. Di umurnya yang telah terbilang sangat tua ini dia hampir setiap hari isi setiap harinya dengan mengayuh sepedanya untuk berjualan kelontong seperti sampo, sabun, tisu, popok, dan keperluan hidup yang lain. Terkadang dia merasa berat untuk mengayuh sepedanya dan pada akhirnya hanya mendorongnya untuk mengantar barang-barang dalam kardus yang cukup banyak ke toko kelontong yang ada di daerah Magelang. 


Banyak orang yang iba saat melihat kakek yang seperti tanpa capek menjual dagangannya ini. Sebagian dari mereka bermaksud menolongnya dengan cara memberikan uang, tetapi sang kakek akan menolak bila orang itu hanya memberi dan tidak membeli dagangannya. 

Dari hasil berdagang kelontongan selama puluhan th. itu ternyata Mbah Tohari dapat wujudkan mimpi satu diantara anaknya jadi anggota TNI, yang saat ini telah bertugas di Bengkulu. Diluar itu, seorang cucunya juga bekerja di kawasan wisata Candi Borobudur. 

Walau anak dan cucunya bisa memenuhi kebutuhannya, Mbah Tohari tidak ingin hanya berdiam diri di rumahnya di Jalan Telaga Warna, RT 6 RW 18 Kampung Nambangan, Kelurahan Rejowinangun Utara, Kota Magelang. Karena mempunyai prinsip tidak mau jadi beban orang lain, dia akan tetap bekerja sampai betul-betul tidak dapat lagi mendorong sepeda tuanya itu. 

Cerita penuh semangat sang kakek ini beberapa kali disebarkan netizen di sosial media. Dalam postingannya, salah seorang netizen menulis, " Kakek ini tinggal di daerah Mertoyudan Magelang. Hampir setiap pagi saya melihat kakek ini di daerah Kawatan. Beliau membawa sepeda tua jual sabun serta shampo. 

Temen2 bila bertemu kakek ini sedang menyeberang jalan tolong dibantu, bila kalian sedang terburu2, tolong bersabar, kakek ini fisiknya telah tidak sekuat anak muda. Jangan marah karena kakek ini jalannya pelan2. Jangan diberi uang, beliau akan tidak ingin menerimanya, belilah barang dagangannya. Beliau hanya berusaha tidak untuk mengemis.. Sehat selalu ya kakek. " 

Bila Anda kebetulan ada di Magelang dan bertemu dengan Mbah Tohari, tolong belilah barang dagangannya supaya dia terbantu. 
Sebarkan supaya lebih banyak orang yang tahu kisah Mbah Tohari dan membantunya. www. 9detik. co

Subscribe to receive free email updates: