Nama-Nama Surat Dalam Al Qur’an. Siapakah Yang Menamainya?

>

Banyak dari umat Islam yang seringkali ingin tahu segalanya yang terkait dengan agama islam di mana salah satunya adalah penamaan surat dalam Al Qur’an. Ini karena kadang-kadang nama surat di ambil dari pertama ayat atau cerita yang ada di dalamnya. 

Dalam menjawab siapakah yang menamai setiap surat dalam Al Qur’an, beberapa ulama mempunyai perbedaan pendapat. Beberapa dari mereka mengatakan kalau Rasulullah yang menamainya. Sesaat ulama yang lain yakini kalau penamaan surat dalam Al Qur’an adalah ijtihad beberapa sahabat. 

1. Rasulullah Yang Menamakan Surat-Surat 

Info yang menyebutkan kalau Rasulullah yang sudah menamakan surat dalam Al Qur’an yaitu perkataan Imam Ibnu Jarir At Thabari. 

“Semua surat-surat dalam Al Qur’an mempunyai nama yang didapatkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. ” (Jami al Bayan fi Tawil Qur’an) 

Syaikh Sulaiman al Bajirami menyebutkan persamaan pendapat yang di setujui oleh beberapa jumhur ulama itu. 

Beberapa nama surat berdasar pada petujuk Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Karena nama surat, urutan surat serta urutan ayat-ayat semua berdasar pada panduan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam atas tuntunan Jibril ‘Alaihi Salam kalau sistematika Al Qur’an di Lauhul Mahfudz yaitu seperti itu. ” (Tuhfah al Habib ‘ala Syarb Al Khatib) 

2. Berdasar pada Ijtihad Beberapa Sahabat 

Sementara ulama yang lain menyebutkan bhwa penamaan surat dalam Al Qur’an tak semua datang dari Nabi Muhammad, tetapi didasarkan juga pada ijtihad beberapa sahabat. 

“Kami tidak tahu ada dalil dari Rasulullah shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang menunjukkan kalau beliau berikan nama semua surat. Hanya saja terdapat beberapa hadist shahih yang mengatakan nama sebagian surat dari Rasulullah seperti Al Baqarah atau Ali Imran. Sedang surat yang lain, terlebih yang lebih dekat masanya yakni berdasarkan ijtihad beberapa sahabat. ” (Fatwa Lajnah Daimah) 

Berikut pendapat yang dinilai kuat oleh Dr Munirah ad Dausiri dalam kitabnya yang berjudul Asma Suwar Al Qur’an Al Karim wa Fadhailuha. 

Demikian jawaban tentang siapa yang sudah memberi nama surat-surat Al Quran. Semoga kita selalu mempunyai rasa penasaran pada Kitabullah itu supaya dapat makin menggali pengetahuan kebenarannya. [islampos]

Subscribe to receive free email updates: