Inspirasi : Kisah Mahasiswa Indonesia Ciptakan Masjid Berteknologi Modern yang Luar Biasa

>
Mahasiswa Indonesia semakin menggeliat dalam tonjolkan bakatnya. Salah satunya sekelompok mahasiswa Jurusan Tehnik Arsitektur di Kampus Muhammadiyah Surabaya (UMS) yang sudah membuat sebuah rencana masjid berteknologi modern. 


Teknologi yang diterapkan dalam masjid modern ini, di buat supaya shalat lebih khusuk. Misalnya lampu LED pada shaf yang berperan untuk meluruskan serta merapatkan baris waktu shalat. 

Hal semacam ini menurut Ketua projek masjid berteknologi modern, Herwin Firnanda, seperti yang diambil dari Antara menganggap bila jumlah masjid di Indonesia cukup banyak, tetapi kebanyakan masjid yang ada masih jauh dari sentuhan teknologi modern. 

Masjid ini dirancang dengan sebagian keunggulan. Lampu LED akan barada dibawah kaki beberapa jamaah, saat kaki ada di atas LED, jadi sensor akan bekerja dan lampu LED mati, ini dapat jadi tanda barisan shaf kurang rapat bila lampu LED masih menyala. 

Tidak hanya itu saja, masjid ini juga dilengkapi dengan alat pelacak tanda hp yang bisa mendeteksi bila ada jamaah yang masih aktifkan hp terlebih waktu menjalankan ibadah shalat. 

Alat pelacak tanda ini dapat jadi solusi, waktu jemaah yang masih sering memakai hp saat shalat. Sistemnya, nanti hp yang ada di sekitar masjid tidak akan memperoleh tanda dengan baik, hingga tidak ada panggilan maupun pesan yang masuk. Termasuk juga jaringan internet pada hp akan terganggu. Alat ini dapat bekerja dengan radius sekitar 6 mtr. dari titik alat dipasang. 

Selain itu, untuk perlihatkan arah kiblat, alat ini dapat dilengkapi dengan lampu laser yang secara automatis mengarah langsung ke arah kiblat. 

Tidak cukup sampai di situ, masjid yang serba canggih ini dapat dilengkapi dengan parkir berteknologi modern karena di pintu masuk dipasang sensor. 

Lampu LED itu dengan sendirinya akan menuntun mobil ke ruang parkiran sampai sampai menemukan slot kosong. Bila ada lebih dari satu slot yang kosong jadi hanya lampu di satu slot saja yang menyala. 

Bila masjid ini diterapkan di semua masjid di Indonesia, pasti akan memberi #semangat umat islam melakukan shalat secara berjamaah.

Subscribe to receive free email updates: