Inilah 9 Tips Mempersiapkan Ramadhan

>
BULAN suci ramadhankini telan tiba..pasti kita harus mempersiapkan baik jasad ataupun rohani dalam diri kita. Sahabat rasulullah melakukan beragam cara untuk mempersiapkan bln. eberuntungan ini. Oleh karenanya, kita pun juga harus mengikuti mereka supaya saat  bln. ramadhan sehat jasadnya, bersih hati dan fikirannya. 


Ditulis Ilmfeed, tersebut sebagian tips untuk menyiapkan kehadiran bln. suci ramadhan : 

1) Menghilangkan Kebiasaan Buruk 

Sebelumnya masuk bln. ramadhan, hilangkanlah semua jenis kebiasaan jelek yang dilakukan, seperti mulai mengurangi mendengarkan musik yang melenakan jiwa, merokok, melihat acara-acara spesifik yang tidak berbobot dan lain sebagainya. Pasti, beberapa hal buruk itu harus diteruskan pada bebrapa bln. setelah bln. ramadhan. Sebab, bukankah sangat munafik, bila kita menjauhi beberapa hal buruk yang merusak hanya ketika bln. ramadhan saja? 

2) Bertaubat dengan Hati yang Tulus 

Setelah kita berupaya menghilangkan kebiasaan-kebiasan buruk yang ada pada diri, jadi setelah itu mohon ampunlah pada Allah SWT. Bertaubatlah dengan membuat janji-janji yang tulus kepada-Nya kalau kita akan tidak kembali pada keburukan. 

Jangan menunda taubat kita hingga datang ramadhan, sebab bukankah usia ini yang menggenggam hanyalah Allah semata? Bagaimana bila ramadahan tiba, tetapi kita telah tidak ada? Tunggu apalagi, maka bertaubatlah! 

3) Jangan Bosan Berdoa 

Sesudah mencoba menyingkirkan kebiasaan jelek dan membuat pertaubatan yang tulus, setelah itu panjatkanlah doa pada Allah SWT. Sebab, doa yaitu senjata seorang muslim. Mintalah pada Allah supaya kita diberikan kesehatan, ketenangan hati, dan kebersihan jiwa hingga datang bln. ramadhan. 

Bila kita telah sering berdoa, sampai membuat kita terasa bosan. Tetapi, percayalah kalau Allah tidak pernah lelah atau jemu mendengarkan doa-doa hamba-Nya. Panjatkanlah doa dengan keikslasan hati, penuh makna dan dengan niat karena Allah SWT. 

4) Membiasakan Tilawah dan Tadabur Al-Qur’an 

Sebelumnya bln. suci dimulai, jadi berlatih keraslah untuk membaca Al-Qur’an. Peliharalah keterampilan membaca Al-Qur’an dengan sering melakukan tilawah dari mulai sekarang. 


Akan jauh lebih baik, bila kita mulai pelajari Al-Qur’an dengan hati yang ikhlas, mengerti maknanya, dan merenungkan isinya. Bayangkan Surah-surah yang kita pelajari yaitu salah satu surah yang dibacakan Imam waktu shalat tarawih waktu bln. Ramadhan. 

5) Meningkatkan Kekhusyuan Shalat 

Walaupun shalat tarawih tidak wajib, tetapi sangat disarankan untuk kaum muslim mengerjakannya waktu bln. ramadhan. Satu diantara hal utama yang sering gagal kita lakukan dalam shalat adalah membangun koneksi dengan Allah SWT. 

Oleh karena itu, sebelum ramadhan alangkah lebih baik bila kita mulai memahami bacaan shalat yang kita lakukan, merenungi maknanya dan meresapi esensinya supaya kita terbiasa khusyu saat mendirikan shalat, begitupun waktu shalat tarawih di bln. suci ramadhan. 

6) Belajar Ilmu Agama dan Pengetahuan 

Islam bukan hanya agama ritual, namun juga agama yang aplikatif dan kaya akan sumber pengetahuan. Oleh karena itu, kiranya utama bagi kita untuk belajar bebrapa pengetahuan tentang islam, baik pengetahuan agama ataupun ilmu dan pengetahuan yang ada pada Al-Qur’an. Sehingga, kita dapat mengerti hikmah-hikmah dibalik puasa, sedekah, shalat dan amal-amal baik yang lain. Tentu, diharapkan hal semacam itu dapat semakin meningkatkan semangat kita untuk melakukan fastabiqul khoirot di bln. ramadhan. 

7) Perbanyak Membantu Oranglain 

Sebelum masuk bln. ramadhan, kita harus membiasakan melakukan amal kebaikan yang membantu oranglain. Misalnya dengan menyumbangkan bantuan pada fakir miskin atau saudara-saudara kita yang memerlukan seperti di Palestina maupun Suriah. Sebab, bukan tidak mungkin bila mereka akan melakukan ibadah bln. ramadhan ini dengan serba kekurangan, berbeda dengan keadaan kita disini. 

8) Tulis Daftar Amal-amal baik yang akan dilakukan 

Jangan menunda untuk melakukan perbuatan baik. Bersegera dan berharaplah pada Allah SWT, supaya semua perbuatan yang kita kerjakan dapat diridhoi-Nya, terutama di saat barokah seperti bln. ramadhan. Jadi mulai sekarang ini, buat jadwal atau catat daftar beberapa hal baik apa yang akan kita lakukan di bln. ramadhan, pasti semuanya dengan niat mengharap ridho Allah semata. 

9) Membiasakan Puasa 

Kebanyakan dari kita saat mendengar kata puasa, jadi yang terlintas hanya bln. Ramadhan saja. Walau sebenarnya masih ada puasa-puasa yang lain. Walau hukumnya sunnah, tetapi begitu penting dikerjakan untuk melatih diri kita sebelumnya melakukan puasa di bln. ramadhan. 

Misalnya puasa sunnah pertengahan bln. (yaumul bidh) yakni setiap tanggal 13, 14 serta 15 setiap bln. Hijriah. Setelah itu, puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis yang dipraktekan oleh Nabi yang kita cintai Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, cobalah menyiapkan puasa di bln. ramadhan dengan melakukan puasa-puasa sunnah terlebih dahulu. 

Semoga sembilan tips diatas dapat membuat kita lebih maksimal saat ramadhan sudah tiba. Mari kita luruskan kemauan yang kuat untuk memasuki Ramadhan dengan keadaan yang lebih siap dibanding dengan ramadhan-ramadhan sebelumnya. Wallahu’alam Sumber : Islampos. com

Subscribe to receive free email updates: