Adab Murid Tahun 1880 yang membungkuk saat melewati Guru VS adab murid sekarang?

>
Sebelum kamu melihat foto ini, baiknya kamu pikirkan terlebih dulu. Begitu krisisnya moral bangsa ini, ada apa dengan bangsa ini?

Adab Murid Th. 1880 yang Membungkuk Saat Melalui Guru, Adab Murid Sekarang?


Gambar yang ada di arsip nasional Belanda berikut ini diambil pada sekitaran th. 1880-1910 di Jawa. Berbeda dengan sekarang yang krisis moral dan seakan tidak lagi menghormati guru, sampai tidak lagi mempunyai wibawa. Padahal para guru yaitu pengajar ilmu, pada mereka kita menuntut ilmu.

Bukannya kita kembali ke zaman feodal, tetapi apa jadinya bila yang muda telah tidak ada rasa hormat pada yang tua, terlebih guru pengajar, tempat menimba ilmu? Apakah budaya urakan dan kurang ajar yang patut kita lestarikan walau bertentangan dengan adab ketimuran, ataukah kita menggunakan identitas sendiri sebagai masyarakat nusantara yang menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai moral.

Lihatlah perbandingan seperti langit dan bumi. . Apakah ini yang dimaksud guru dan murid? Miris!

Mari berbenah, dan menjadikan gambar ini sebagai pelajaran. Jika yang muda sudah tidak hormat lagi pada yang tua dan yang tua telah tidak menyayangi yang muda, bagaimana masa depan bangsa Indonesia.[Sumber : IG Indozone ]

Subscribe to receive free email updates: