Jual Bawang Sambil Mengaji, Nenek Ini Bikin Haru Netizen

>
Sesejuk Rembulan - Belajar dan melaksanakan ibadah tidak mengenal umur. Kalimat itu yang nampaknya ingin diperlihatkan oleh Rokhani, nenek 90 tahun asal Ganten Lama, Magelang, Jawa Tengah. 

Nenek Rokhani sehari-hari berjualan bawang putih tunggal atau sering disebut bawang lanang di emperan toko. Dia mulai berjualan mulai jam 09. 00 WIB sampai 15. 30 WIB. 

Mungkin saja, Rokhani sama dengan pedagang kebanyakan. Namun, ada satu rutinitas unik yang sering dia kerjakan di sela menanti dagangannya. Membaca kitab fikih berbahasa Arab. 



Seseorang pengguna Facebook, Mameth Hidayat pernah mengabadikan kesibukan Rokhani waktu berjualan. Dia lantas mengunggah photo Rokhani di akun kepunyaannya. 

 " Dulu beliau berjualan di Pasar Rejowinangun. Walau demikian sesudah Pasar Rejowinangun kebakaran beliau berjualan di emperan toko oleh-oleh Endang Jaya Magelang, " catat Mameth. 

Mameth menyampaikan membaca kitab sambil menanti konsumen telah jadi rutinitas Rokhani. Bila mendengar azan, Rokhani bergegas sholat di masjid paling dekat dari tempatnya berjualan. 

Rokhani memang di kenal sebagai sosok yang rajin beribadah. Pagi hari sebelumnya berjualan, Rokhani mengaji Alquran. Ketika ditempat jualan, dia baru membaca kitab fikih. 

 " Beliau tinggal di Ganten sendirian, pernah di ajak anaknya untuk tinggal bersamanya, walau demikian beliau tidak ingin, " catat Mameth. 

Rokhani tinggal di satu tempat tinggal kecil tak jauh dari Masjid. Tempat tinggal itu cuma mempunyai satu lampu yang dipakai untuk keperluan membaca Alquran. 

Untuk keperluan keseharian, Rokhani terasa cukup memercayakan hasil dagangannya. Sehari-hari dia menggunakan duit untuk beli sayuran. 

Pernah dia mengelus sakit punggung. Ini mungkin saja dikarenakan beban dagangan yang harus dia gendong. Walau demikian, Rokhani memilih untuk tidak menyerah serta mengabdikan diri melaksanakan ibadah sepenuhnya pada Allah SWT. 

Sumber : Muslim Satu

Subscribe to receive free email updates: