ASTAGFIRULLAH !! Inilah 5 Amalan Buruk yang Menutup Pintu Rezeki

>
Sesejuk Rembulan - Rejeki yaitu karunia Allah SWT yang diberikan pada kita berbentuk apa pun baik itu materi kesehatan maupun yang lain. Tiap-tiap orang mempunyai kadar rejeki yang tidak sama walau apa yang Kita lakukan itu sama, semuanya bergantung dengan iman dan usaha keras Kita yang nantinya menafkah rejeki itu. Mungkin saja Kita sudah pernah merasa telah berusaha keras. 

Tetapi, belum juga memperoleh apa yang Kita kehendaki. Dalam soal ini jangan sampai Kita menyalahkan orang lain maupun bahkan juga menyalahkan Allah Swt lantaran hal ini juga bisa dikarenakan oleh kebiasan-kebiasaan yang kita tanpa ada Kita sadari bisa menghambat sebagian rejeki dari Allah Swt. 



Telah sepatutnya dan keharusan Kita menysukuri nikmat yang didapatkan Allah Swt dengan senantiasa berdo’a memohon keridhoan darinya. Allah SWT menciptakan semua makhluk didunia ini dengan sempurna dan pembagian rejeki pada masing-masing makhluk. Tak ada satu juga yang akan ditelantarkan-Nya, termasuk juga kita. Karenanya, rejeki kita yang telah Allah jamin pemenuhannya. Yang diperlukan yaitu mau atau tidak kita mencarinya. Yang lebih tinggi lagi benar atau tidak cara mendapatkannya. Rejeki disini pasti bukan sebatas uang. Ilmu, kesehatan, ketenteraman jiwa, pasangan hidup, keturunan, nama baik, persaudaraan, ketaatan termasuk juga juga rejeki, bahkan juga lebih tinggi nilainya di banding uang. 

Allah yaitu Dzat Pembagi Rejeki. Tak ada setetes juga air yang masuk ke mulut kita terkecuali atas izin-Nya. Karenanya, bila Allah SWT hingga menahan rejeki kita, tentu ada prosedur yang salah yang kita lakukan. Sekurang-kurangnya ada lima hal yang menghalangi aliran rejeki. 

Di bawah ini yaitu kebiasan-kebiasan buruk yang bisa jadi penghambat rejeki dari Allah dalam islam. 

1. Mengeluh 

Rutinitas pertama yang bisa menghambat atau menampik rejeki yaitu sangat banyak mengeluh. Hal semacam ini yaitu kebiasan yang tidak bisa Kita sadari, seperti karakter basic manusia yg tidak pernah senang dengan apa yang didapat bikin manusia kerap keluarkan keluhan-keluhan yang terucap tanpa ada rasa sukur atas pemberian Allah swt untuk dia. Semestinya Kita bersabar karenanya yaitu cobaan dari Allah Swt lewat harta yang Kita punyai sebagai firman Allah yang Berarti : 

“Dan sungguh Kami bakal berikanlah cobaan pada Kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa serta buah-buahan. Serta berikanlah berita senangn pada beberapa orang yang sabar. ” (QS. AL-Baqarah : 155). 

2. Matrelistis 

Rutinitas yang ke-2 yaitu karakter yang dipunyai manusia yakni matrealistis atau yang dimaksud matre. Rutinitas matrealistis atau rutinitas mengukur suatu hal dengan duit, barang atau mungkin dengan yang lain, nyatanya juga rutinitas yang bisa menampik rejeki serta beberapa orang seperti ini bakal melihat orang lain yg tidak mempunyai kekayaan. Disamping itu Meraka bakal memperlakukan orang kaya dengan sebaik-baiknya, walau sebenarnya Allah Swt menerangkan kalau Kita sebaiknya melihat beberapa orang paling dekat Kita untuk Mereka yang memerlukan. Dalam soal ini Rasulullah Saw bersabda yang berarti. 
“Lihatlah orang yang ada dibawahmu (dalam permasalahan harta serta dunia) serta jangan sampai engkau saksikan orang yang ada diatasmu. Dengan hal tersebut, hal semacam itu bakal membuat kamu tak menyepelekan nikmat Allah kepadamu. ” (HR. Bukhari & Muslim). 

3. Sangat konsentrasi pada kehidupan dunia 

Rutinitas yang ketiga yaitu kehidupan Kita yang sangat konsentrasi pada kehidupan dunia yang senantiasa disibukan dengan masalah serta bikin kita lupa bakal menabung amalan untuk di akhirat nantinya. Tetapi misal Kita sadar kalau hal semacam ini bisa menampik rejeki Allah Swt. Lantaran bagaimana Allah bakal memberi karuniannya untuk Kita sedang Kita repot dengan masalah Kita serta Kita lupa mengingatnya. 

4. Makan makanan haram 

Rutinitas yang ke empat dalah dengan mengonsumsi makanan haram. Pasti Kita sudah tahu makanan serta minuman apakah saja yang diharamkan untuk umat muslim. Tetapi, kerapkali Kita tetaplah tak memperdulikannya serta konsumsi makanan haram itu. Nyatanya tanpa ada diakui dengan konsumsi makanan haram juga satu diantara rutinitas yang bisa menghambat rejeki dari Allah Swt. 

5. Sikap Riya dan Suka Pamer 

Rutinitas yang ke lima yaitu sikap riya serta sukai pamer. Sangat banyak dari Kita yang lakukan perbiuatan-perbuatan yang bisa menyombongkan dengan apa yang Kita punyai dengan menunjukkan harta melalui sedekah, sholat serta haji cuma supaya diliat oleh orang lain. Ha berikut yang bikin amal beribadah tak ditunjukan hanya untuk mengharap ridho Allah Swt. Dalam soal ini seseorang teman dekat Iyad bin himar Ra berkata kalau Rasalalulah bersabda yang berarti. 

“Allah SWT sudah memberi wahyu kepadaku supaya anda sekalian berbentuk tawadhu' (merendahkan diri). Hingga di antara sesama manusia tak ada lagi sama-sama hina mengejek dan sama-sama membanggakan diri, ” (HR. Muslim serta Abu Dawud). 

Pasti kebiasan-kebiasaan ini bisa kita temui di sekitar Kita atau bahkan juga Kita sendiri kerap mengerjakannya. Karenanya dengan penjelasan-penjelasan ini bisa menghindari diri kita dari bebrapa rutinitas itu serta senan tiasa berusaha keras serta mendekat diri pada Allah Swt untuk mencapai rejeki yang barokah. 

Sumber : Muslimsatu

Subscribe to receive free email updates: