SUBHANALLAH,,,INILAH Keajaiban Shalat Dhuha, Dari Membuka Rezeki Hingga Pintu Kesuksesan

>
Sudah sangat banyak orang yang merasakan keajaiban dari shalat dhuha. Sudahkah Sahabat Ummi peroleh rezeki tanpa di duga, umpamanya : memperoleh kiriman makanan dari tetangga saat keuangan rumah tangga mulai menipis, atau memperoleh pekerjaan begitu mudah. 

Banyak Muslim yang mempercayai kalau satu diantara keajaiban shalat Dhuha yakni memperlancar rezeki. Lebih dari itu, banyak juga Muslim yang sudah perlihatkan bila setelah teratur melakukan shalat Dhuha, rezekinya jadi lebih lancar. 

Kenapa demikian? Mari kita perhatikan terjemahan hadits-hadits mengenai shalat Dhuha yang mengaitkan dengan rezeki di bawah ini : 

Hadits shalat dhuha yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar kalau Rasulullah saw bersabda, “Setiap pagi, (1) setiap ruas anggota tubuh kalian harus di keluarkan shadaqahnya. (2) Setiap tasbih yaitu shadaqah, (3) setiap tahmid yaitu shadaqah, (4) setiap tahlil yaitu shadaqah, (5) setiap takbir yaitu shadaqah, (6) menyuruh pada kebaikan yaitu shadaqah, (7) dan melarang berbuat munkar yakni shadaqah. Semua dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat. ” (HR. Muslim) 

Juga Hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Dawud dari Buraidah bila Rasulullah saw bersabda, “ (8) Di dalam tubuh manusia ada tiga ratus enam puluh sendi, yang semua mesti di keluarkan shadaqahnya. ” Mereka (beberapa sahabat) ajukan pertanyaan, “Siapakah yang bisa lakukan itu wahai Nabiyullah? ” Beliau menjawab, “ (9) Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid yaitu shadaqah, (10) engkau menyingkirkan suatu hal yang mengganggu dari jalan yaitu shadaqah. Jadi apabila engkau tidak menemukannya (shadaqah sebanyak itu), jadi dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu. ” (HR. Abu Dawud) 


Dalam dua hadits ini dan hadits-hadits lain yang seirama, Shalat Dhuha bernilai sedekah. Bukan sembarang sedekah, namun 360 sedekah. Sedang tiap-tiap sedekah bisa dilipatgandakan oleh Allah. Subhanallah. 

Ke-2, dalam hadits Qudsi Allah berfirman akan menjamin rezeki hamba-hambaNya yang menjaga shalat Dhuha. 

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, jangan pernah engkau luput dari empat rakaat dimuka harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu. ” (HR. Ahmad) 

Ketiga, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad serta derajatnya hasan shahih menurut Syaikh Al Albani. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kirim sepasukan tentara, mereka sukses memperoleh harta rampasan perang yang banyak dan bergegas pulang. Keberhasilan perang, harta rampasan yang banyak dan pasukan kembali dengan selamat menjadi buah bibir di masyarakat. 

Selanjutnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah kalian saya tunjukkan suatu hal yang (11) semakin banyak peroleh harta rampasan, (12) bahkan juga keberhasilannya lebih cepat di banding pasukan tentara itu? Hendaklah seorang berwudhu selanjutnya pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat Dhuha. Jadi orang tersebut yang lebih cepat memenangkan peperangan, lebih banyak mencapai harta rampasan dan lebih segera mencapai kesuksesan. ” (HR. Ahmad ; hasan shahih) 

Apabila pada hadits-hadits sebelumnya shalat Dhuha dikaitkan dengan sedekah dan rezeki, pada hadits ini menerangkan shalat Dhuha bahkan dapat membuat orang yang mengerjakannya bisa mencapai kesuksesan dengan segera. Subhanallah, Sahabat Ummi demikian keajaiban shalat dhuha. Mari berlomba-lomba dalam mengerjakannya. 

Wallahu a’lam bish shawab. 

Referensi : Dari beragam sumber

Subscribe to receive free email updates: