Cara Cepat Atasi Kram Kaki, lenyapkan dengan segera supaya aktivitas kembali lancar.

>
Mungkin Anda tengah duduk, jalan atau bahkan juga tengah tidur ketika kram kaki itu datang. Kapanpun dan di manapun kram datang, hanya satu tindakan paling masuk akal yang perlu Anda kerjakan ; lenyapkan dengan segera supaya aktivitas kembali lancar. 

Zoe Fackelman, terapis fisik di Canandaigua, NY, dan Pamela Cole, terapis fisik di Hopkins, MN, bakal menerangkan penyebabnya serta cara menangani kram kaki dengan cepat dan efisien. 


Penyebab kram kaki 


Berlawanan dengan kepercayaan beberapa orang sampai kini, aktivitas fisik bukanlah penyebab utama kram. 

 " Ya, sangat banyak melakukan aktivitas atau olahraga, umpamanya lari jarak jauh memanglah bisa mengakibatkannya. Namun, kram kaki umumnya dikarenakan oleh permasalahan defisiensi nutrisi. Terutama tidak seimbangan air dan elektrolit dalam tubuh Anda, " kata Pamela. 

 " Kram kaki terjadi, saat otot-otot kaki berkontraksi sendiri, selanjutnya terjadi kekakuan otot karena ada tidak seimbangan dalam rasio air dengan elektrolit (yakni kalium, natrium, magnesium, dan kalsium), " kata Cole. 

Kram dapat juga berjalan, bila Anda tak lakukan peregangan jari kaki, betis, dan otot paha sebelum dan sesudah latihan. 

Bagaimana menghentikan kram kaki dengan cepat? 
Tarik jari-jari kaki ke arah Anda. " Gerakan ini membuat otot yang kram meregang serta membantu otot jadi rileks, " kata Cole. 

Anda dapat juga langsung menghimpit otot yang kram, kata Fackelman, lewat cara berjinjit. Bila kram berlanjut, kompres bagian yang kram dengan air hangat. Tekanan serta kehangatan menolong tingkatkan aliran darah serta memberi supply darah segar beroksigen yang bisa menopang kembalikan keseimbangan gizi dan mengakhiri kekakuan saraf. 

 " Segera setelah kram reda, masukan dua jumput garam kedalam 0, 35 liter air dan meminumnya, " kata Cole. Ini akan membantu menyeimbangkan kandungan elektrolit Anda. 

Anda dapat juga makan pisang, yang kaya kalium serta magnesium untuk menyingkirkan kram otot. Bila kram berlanjut atau kembali, cobalah memperbanyak air garam dan pisang. 

Cara mencegahnya

Bila kram kaki sering datang lebih dari biasanya (kram cenderung seringkali sejalan bertambahnya umur), Anda mungkin saja perlu membuat beberapa perubahan : 

1. Minum banyak air. Pamela mereferensikan minum sampai satu-setengah dari berat tubuh Anda. Bila berat tubuh Anda 68 kg, berarti Anda mesti minum 75 ons air atau setara dengan sembilan gelas air. Badan terhidrasi dengan baik yaitu kunci untuk menjaga otot-otot Anda bekerja secara maksimal. 

2. Mengkonsumsi semakin banyak magnesium. Selain pisang, kalsium ada di sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, alpukat, serta dark chocolate. 

3. Gosok kaki Anda dengan teratur. Awalilah ritual perawatan diri, seperti memijat kaki serta betis pada pagi hari serta pada malam hari. 

4. Gunakan sepatu yang nyaman. Sepatu yang sangat ketat atau sepatu hak yang sangat tinggi bisa mengakibatkan kekakuan otot, yang berbuntut pada kram kaki.  

[Sesejuk Rembulan. blogspot. com/Kompas. com/Prevention. com]

Subscribe to receive free email updates: